Oleh: LK | Maret 28, 2011

TOXIC WASTE

(Memindahkan Bom)

Permainan ini populer, namun dengan perlatan dan pemandu yang “serius” akan membuat permainan ini tetap menarik. Inti permainan ini adalah untuk membentuk team work dengan sedikit dramatisasi. Jadi, sebagai pemandu, buatlah cerita yang dapat membawa pemain berfantasi dan serius saat bermain.

Skenarionya adalah, tiap kelompok diberi tugas memindahkan “limbah beracun” (toxic waste) atau sebuah “bom” dengan peralatan yang disediakan dan waktu yang terbatas. Benda yang dipindahkan berupa ember kecil yang berisi air (sebagai cairan limbah) yang harus dipindahkan ke dalam ember besar dengan jarak 10 samapai 20 meter. Buat batas di sekeliling benda dengan tali atau garis berbentuk lingkaran. Batas itu diibaratkan sebagai batas area kontaminasi radiasi yang semua pemain tidak boleh memasukkan anggota tubuh ke dalamnya. Ukuran garis batas menyesuaikan jumlah pemain tiap kelompok dan peralatan yang tersedia.

Persiapan

Buatlah lingkaran dengan tali atau garis dan di tengah-tengahnya diletakkan ember kecil berisi air. Sediakan peralatan sejumlah tali dan karet elastis yang berbentuk lingkaran yang ukurannya lebih kecil dari pada ember kecil. Karet elastis ini bisa dibuat dari ban bekas yang di potong dan ditalikan menjadi lingkaran. Bila perlu berikan peralatan lain yang tidak penting, seperti tali tambahan, tongkat kayu, atau apapun sehingga pemain harus memilih alat mana saja yang perlu digunakan.

Cara bermain

Jika pesiapan sudah selesai, beri petunjuk cara bermainnya pada kelompok yang akan bermain. Beri waktu 5 menit untuk menyusun strategi, setelah itu jalankan penghitung waktu dan berikan 10 – 15 menit untuk menyelesaikan tugas. Jika air tumpah tidak di dalam ember besar, buatlah skenario kegagalan kelompok itu dengan cerita yang kreatif. Misalnya seluruh anggota kelompok terkena radiasi dan mati sehingga gagal menyelamatkan dunia. Jika waktu habis dan tugas belum selesai, maka kelompok itu gagal.

Catatan untuk pemandu

Meskipun populer, ini bukanlah permainan yang mudah. Kebanyakan kelompok membutuhkan bimbingan selama permainan berlangsung. Solusi dari permainan ini adalah, mengikatkan ujung tali pada lingkaran karet lalu menariknya dari berbagai sisi sehingga bisa melingkari ember. Jika sudah terpasang, tarikan dikendorkan dan karet akan mengikat erat pada ember kecil. Setelah itu ember baru bisa diangkat bersama-sama agar seimbang dan air di dalamnya tidak tumpah.

Untuk kelompok yang melakukan pelanggaran, berikan hukuman dengan membatasi anggota tubuh yang masuk dalam batas lingkaran. Misalnya tangan atau kaki yang terkena radiasi  tidak boleh digunakan, sehingga ia harus menggunakan 1 tangan atau 1 kaki saja. Jika yang terkontaminasi kepala, pemain tersebut harus menutup matanya.

Banyak sekali variasi yang bisa ditambahkan agar permainan ini semakin menarik atau semakin sulit.

Benda

Benda yang dipindahkan bisa diganti bola, botol, tabung silinder atau benda yang bobotnya berat sehingga mempersulit untuk memindahkannya. Benda juga bisa diletakkan terapung di tengah ember besar yang berisi air. Bisa juga dengan ember yang diletakkan terbalik dan di atasnya diletakkan benda kecil yang tidak boleh jatuh.

Leader

Untuk melatih kepemimpinan, bisa dibuat satu orang sebagai pemimpin dan yang lainnya menjadi anak buah. Pemain boleh berbicara memberi petunjuk tetapi tidak boleh menyentuk alat atau berpindah tempat. Pemain lain sebagai anak buahnya tidak boleh berbicara atau saling berkomunikasi dengan pemain lain dalam bentuk apapun.

Variasi Lain

Masukkan sedikit soda kue dalam ember besar dan cuka ke dalam ember kecil. Sehingga jika keduanya disatukan akan mengeluarkan busa dan semakin mendramatisir suasana. Jika benda yang dipindahkan adalah benda berat, buat aturan, jika sekali benda terangkat, maka selanjutnya tidak boleh menyentuh tanah.

Berikan penutup yang baik untuk memberikan kesimpulan dari permainan ini. Permainan toxic waste, sangat mengena untuk melatih kerja sama tim dan cara berkomunikasi. Permainan ini idealnya dilakukan dengan kelompok beranggotakan 7 sampai 9 orang. Meskipun bisa juga dilakukan dengan 4 – 12 orang anggota kelompok.

Permainan ini memiliki banyak sebutan, seperti Alien Transfer, Atom Transfer, Bomb Removal, Chuck-A-Hunk, Commodore’s Retreat, Computer , Disinfectant, Grab-A-Hold, Great Pearl Capture, Nuclear Reactor, Nuclear Waste Transfer, Mission Possible, Object Retrieval, Object Transfer, Save the Baby, The Great Mississippi Lizard Egg, Three Mile Island, Toxic Waste Dump.

 

Temukan yang unik dan menarik di

Unit Gawat Darurat buat anak sekolah

Kisah-kisah inspiratif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: