Oleh: LK | Maret 28, 2011

SQIRREL AND HUNTER

(Tupai dan Pemburu)

Permainan ini bisa dilakukan di luar ruangan atau di ruangan yang luas. Jumlah pemain tidak terbatas. Namun, sebaiknya kelipatan 3 ditambah 1 atau dua pemain.

Cara bermain

  • Awalnya semua peserta diminta membentuk lingkaran besar. Lalu berikan sebuah pengantar menarik untuk mencairkan suasana.
  • Lalu, tiba-tiba minta semua pemain membentuk kelompok-kelompok yang terdiri atas 3 orang melingkar bergandengan tangan. Sehingga tersisa 1 atau 2 orang yang tidak memiliki kelompok.
  • Dari 3 orang tersebut, minta 1 orang menjadi tupai yang berjongkok diantara 2 orang lainnya yang menjadi pohon. Pohon bergandengan kedua tangannya dan saling berhadapan seperti pada permainan “ular naga panjangnya”.
  • Karang cerita tentang tupai dan pemburu. Pemandu harus pandai bercerita. Dalam cerita diselipkan kata kunci PEMBURU, ANGIN dan BADAI.
  • Jika disebut kata PEMBURU, maka semua tupai harus berpindah pohon di kelompok lain secepatnya. Pohon tetap diam di tempat, sementara pemain yang tidak dapat kelompok ikut berebut pohon sebagai tupai.
  • Jika disebut kata ANGIN, maka yang berpindah adalah pohon mencari tupai lain, tanpa melepaskan pegangan tangan. Sementara tupai tetap di tempat dan pemain yang tidak mendapat kelompok ikut berebut menjadi pohon. Atau jika pemain yang tidak mendapat kelompok hanya 1 orang, maka ia berjongkok dan berharap ada pohon yang menaunginya.
  • Jika disebut kata BADAI, maka baik tupai maupun pohon harus berpindah tempat dan mencari pasangan lain. Pemain yang tidak mendapat kelompok bebas memilih menjadi pohon atau tupai dan ikut berebut.

Jika permainan berjalan dengan baik, maka pemain yang tidak mendapatkan kelompok akan berganti-ganti.

Variasi

Pemandu hanya sekali bercerita hingga menyebutkan kata kunci dan terjadi perubahan posisi. Pemain yang tidak mendapatkan kelompok harus bisa melanjutkan cerita yang cocok sesuai kreasinya sendiri diakhiri menyebutkan kata kunci sesuai keinginannya.

Permainan ini selain menyenangkan untuk dilakukan, bisa juga merangsang kemampuan pemain dalam bercerita/ berbicara.

 

Temukan yang unik dan menarik di

Unit Gawat Darurat buat anak sekolah

Kisah-kisah inspiratif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: