Oleh: LK | Maret 28, 2011

FOLDING CARPET

Permainan ini membutuhkan alat sebuah karpet atau terpal berukuran 1 meter persegi dengan pemain 8 – 10 orang. Ukuran karpet menyesuaikan jumlah pemain dan tingkat kesulitan yang akan diberikan. Pertimbangkan, jangan menggunakan karpet yang terlalu kecil atau jumlah pemain yang terlalu banyak. Karena jika terlalu sulit dan tidak ada kelompok yang berhasil, maka permainan ini akan terasa tidak menarik.

Cara Bermain

  • Semua pemain berdiri di atas karpet.
  • Setelah diberi aba-aba, mereka harus berusaha membalikkan karpet dengan aturan pemain tidak boleh menyentuk lantai/ tanah selama mencoba membalikkan karpet.
  • Penalti diberikan jika ada kelompok yang melakukan pelanggaran. Jika terkena penalti, mereka harus mengulangi dari awal, atau bisa dilakukan dengan aturan jika akumulasi penalti dilakukan 3 kali, maka kelompok itu dianggap gagal dan gugur.
  • Kompetisi bisa dilakukan dengan mencatat waktu tercapat atau beberapa kelompok melakukannya bersamaan  sehingga diketahui kelompok mana yang bisa membalik karpet paling cepat.

 

Jika perlu berikan waktu untuk menyusun strategi. Bisa juga berikan variasi dimana tiap pemain tidak boleh berkomunikasi dalam bentuk apapun atau tunjuk salah satu pemain yang menjadi “leader” dan memberikan instruksi. Untuk membuat pemain menikmati permainan, lontarkan candaan-candaan yang berhubungan dengan pose yang mereka lakukan.

Variasi

Pemandu bisa menambahkan perintah FREEZE. Jika pemandu mengucapkan kata FREEZE maka semua harus berhenti bergerak (mematung). Komentari pose-pose lucu yang terjadi saat semua mematung. Jangan melakukan permainan ini terlalu lama, jika tidak ada yang berhasil, segera akhiri permainan sebelum mereka merasa jenuh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: