Oleh: LK | September 28, 2010

Jamboree On The Internet

World Scout Jamboree On The Internet (JOTI) adalah ajang pertemuan Pramuka sedunia melalui internet. Event ini pertama kali dilaksanakan tahun 1996 dan hingga tahun 2010 ini akan dilaksanakan ke-14 kalinya. Kamu bisa berpartisipasi dari manapun asalkan ada koneksi internet tentunya.

Salah satu bentuk kegiatan JOTI yang termudah adalah menggunakan chatt messenger mIRC. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara berpartisipasi dan menggunakan aplikasi mIRC.

First thing first!

Kamu harus mendaftar (register) melalui link ini. Setelah berhasil mendaftar kamu akan menerima email yang berisi kode untuk aktivasi. Lakukan “login” melalui web resmi jotajoti.org menggunakan user name dan password yang kamu pakai tadi.

Karena kamu akan mengikuti chatt dengan mIRC, tentu saja harus terinstall program mIRC di komputer yang kamu pakai. Kamu bisa mendownload mIRC di beberapa alternatif link berikut ini:

Brothersoft

Cnet

Mediafire

Program mIRC bukanlah program freeware, yang kamu download adalah versi trial untuk 30 hari. Tapi tidak masalah, karena fitur yang digunakan tidak berbeda dengan versi yang sudah dibayar. Lagian event JOTI juga lamanya cuma 3 hari, dari tanggal 15 sampai 17 Oktober 2010. Cara menginstall program ini tidak perlu saya jelaskan di sini, tetapi saya akan menerangkan cara men-setting mIRC yang akan digunakan untuk JOTI.

PERTAMA, buka program mIRC yang sudah terinstall di komputer. Biasanya secara otomatis, jendela “option” akan terbuka sendiri. Jika tidak, kamu bisa membukanya melalui tombol  atau pilih menu “Tools –> options…”. Isikan seperti gambar di bawah ini. Nama lengkap jagan diisi nama kamu yang sebenarnya, cukup nama depan diikuti nama kelompokmu. Misalnya nama dewan ambalan, sangga, atau kota tempat kamu tinggal. Alamat email juga jangan diisi, agar tidak ada yang memanfaatkannya untuk hal-hal negatif, cukup isi dengan tanda strip “-“. Sebaiknya berhati-hati dengan informasi pribadi kita saat di internet.

Isikan nickname sesuai dengan user name kamu saat mendaftar di jotajoti.org.

Jangan tekan tombol connect, tetapi lakukan setting server untuk JOTI dahulu. Pilih menu category “servers”, maka akan muncul jendela seperti ini,

Tambahkan server dengan klik tombol “Add”, lalu isikan seperti di bawah ini.

Tidak perlu mengisikan password. Lalu klik Add, OK dan connect. Untuk menyambung dan memutus koneksi kamu bisa menggunakan tombol di pojok kiri atas. Untuk meegister user name kamu, masukkan perintah /nickserv identify passwordkamu. Copy-Paste saja, tinggal ganti tulisan “passwordkamu” sama password yang kamu gunakan untuk mendaftar akun di jota-joti.org.

Setelah itu, mIRC akan melakukan koneksi ke server scoutLink. Klik tombol favorite untuk memunculkan jendela seperti ini.

Masukkan channel yang akan kamu masuki, misalnya #indonesia. Kamu juga bisa melihat channel yang tersedia dengan mengetik “/list” atau klik tombol “list” di samping tombol “favorite”. Pada isian “use file” isikan “scoutLink.txt” lalu klik “get list”. Untuk saat ini mungkin masih sepi, tapi tunggu pada tanggal 16 dan 17 Oktober, pasti akan rame. Kamu bisa berkenalan dengan anggota Pramuka di seluruh dunia. Selamat berjamboree.

Lebih menyenangkan jika kamu membuat acara ber-JOTI bareng di sekolah, warnet atau tempat HOT SPOT. Butuh bantuan mengenai JOTI? Jangan sungkan untuk menghubungi email saya atau tanyakan melalui komentar di post ini.

 


Responses

  1. JOTI terbuka untuk umum apa semua pramuka yang masih aktif, bos…???
    Soalnya aku bukan anak school, tapi pingin ikut..
    Terima kasih n salam sukses selalu.

  2. Itu event emang khusus buat anggota Pramuka mas…

    Cuman anggota Pramuka nggak terbatas anak sekolah, ada orang di luar sekolah yang aktif di pramuka dan orang-orang yang tertarik sama Pramuka. So… ikut partisipasi nggak masalah, yang penting ngikutin “rules”nya. Mari ramaikan mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: