Oleh: LK | Agustus 31, 2010

ACHIEVING SMART GOAL

Jika di artikel sebelumnya saya membahas tentang penentuan tujuan dengan metode SMART. Kali ini akan saya bahas lebih detail lagi. Saya ingatkan kembali apa itu SMART?

S – spesific

M – measurrable

A – act as if atau achievable atau attainable

R – realistic atau relevant, dan

T – timely atau time bound

Langkah PERTAMA

Setting tujuan dengan prinsip SMART.

SPESIFIC, buat tujuanmu sespesifik mungkin. Semakin spesifik semakin mudah menentukan langkah apa yang akan kita ambil.

MEASURRABLE, bagaimana bisa mengukur kesuksesan? Buatlah tujuan yang hasilnya terukur sehingga mudah menentukan seberapa jauh kita dari tujuan kita.

ACHIEVABLE, apakah tujuanmu bisa kamu raih dengan segala kondisi yang ada? Fokuslah untuk mengumpulkan semua resources yang kamu perlukan dan hilangkan semua halangan.

REALISTIC, sekalipun tujuan kita bisa tercapai (achievable), kita juga perlu realistik. Menurunkan berat badan 15 kg dalam 2 hari adalah hal yang mungkin. Tetapi hal tersebut bukanlah cara yang baik dan bukan cara yang sehat. Bahkan berbahaya bagi kesehatan, inilah yang namanya tidak realistik.

TIMELY, buat dead line dan time schedule untuk setiap tahap usaha pencapaian tujuan kita. Sehingga kita akan bisa mengetahui ada permasalahan yag ditunjukkan dengan keterlambatan yang melebihi toleransi.

Langkah KEDUA

Pastikan tujuan yang kamu tentukan sesuai prinsip hidupmu dan kamu menikmatinya. Seberat apapun, kalau itu sesuai dengan hobby atau bisa kita nikmati prosesnya, maka akan lebih ringan beban kita.

Langkah KETIGA

Ungkapkan tujuanmu ke 3 atau 5 orang yag kamu anggap pantas. Dengan begitu, kamu bisa mendapat support yang positif untuk membantu usahamu.

Langkah KEEMPAT

Sedia payung sebelum hujan.

Langkah KELIMA

Minimalisir potensi hambatan. Ada 3 langkah untuk menghindari over confident (percaya diri yang berlebihan) dan poor planing (perencanaan yang buruk):

  • Buat rencana pencapauian tujuan yang lengkap sesuai metode SMART.
  • Selalu perhatikan action mu dengan schedule yang kamu buat, berilah 10-20% toleransi waktu keterlambatan.
  • Evaluasi proses yang kamu jalani secara berkala.

Langkah KEENAM

Lakukan minimal satu action dalam sehari, dengan rutinitas yang selalu didasari semangat mencapai tujuan akan membuat aktifitas semakin bermakna.

Langkah KETUJUH

Cari dukungan. Dekatilah dan minta tolong dari orang yang kamu anggap pantas dan mampu memberi dukungan, saran dan nasehat.

Langkah KEDELAPAN

Reward your self, jangan menunggu hinggatujuan akhirmu tercapai. Tidak ada salahnya merayakan keberhasialan kecil dan berhenti sejenak untuk refreshing.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: