Oleh: LK | Agustus 24, 2010

20 TIPS (biar) KREATIF

Tahun ini bisa dibilang eranya facebook, semua jenis orang punya facebook. Anak-anak, orang tua, guru, murid, orang kota, orang desa… pokoknya semua punya facebook. Tapi sayangnya nggak semua kreatif ngisi facebook, ngisi status, comment atau note.

Berikut ini ada 20 tips buat kalian yang penasaran gimana caranya bisa bikin tulisan buat blog, note atau sekedar status di facebook. Sengaja jumlahnya dibuat 20, biar kesannya serius bukan tulisan main-main.

#01 Usil. Perhatikan semua masalah, sekecil apapun yang ada disekitarmu. Jangan takut dibilang “usil”, karena itu modal utamamu biar dapat ide segar.

#02 Rajin mendengar. Masalah atau cerita orang disekelilingmu (sekalipun remeh) seringkali bisa menjadi bahan yang luar biasa. Apa lagi kalau kamu bisa memberi solusi. Tapi jangan mempublikasikan hal-hal yang sensitif dan berhubungan dengan privasi.

#03 Berpikirlah seperti anak-anak. Anak-anak memiliki cara memandang kehidupan yang hebat, yaitu dengan kesederhanaan (simplicity). Sesuatu yang mudah dicerna selalu lebih menarik untuk dinikmati dibandingkan yang rumit-rumit. (belajar dari musiknya kangen Band aja lebih populer dari gaya jazznya Andien)

#04 Rajin ngobrol. Curilah ide dari uneg-uneg keluarga atau temanmu. Dari pada copy paste dari tulisan orang lain.

#05 Ikuti berita. Orang kreatif harus up-to-date.

#06 Belajar dari kesalahan. Jangan pernah melakukan kesalahan yang sama dua kali, karena orang kreatif pantang melakukan atau mencetuskan ide yang sama lebih dari satu kali.

#07 Tepa selira. Ingat pelajaran PPKN? Dengan menempatkan posisi sebagai orang lain, kita akan punya cara pandang yang luas. Belum tentu hal yang kita anggap kreatif, bernilai kreatif bagi orang lain.

#08 Tukar pikiran. Ini akan mengasah otak kita untuk selalu kreatif. Tapi jangan lupa prinsip nomer #04, curi idenya, bukan sebaliknya, ide kita yang dicuri.

#09 Analisis ide kreatifmu. Tidak ada yang langsung perfect, semua perlu dipoles berulang kali.

#10 Selalu ada alternatif. Jika kamu membahas sebuah masalah, jangan berpikir hanya ada satu solusi.

#11 Lihat. Luangkan waktu untuk melihat kesibukan orang di sekitarmu. Kalau kita rajin mengamati perilaku dan masalah orang lain, kita akan terlatih memikirkan ide-ide kreatif untuk mengatasi masalah mereka.

#12 Hiburlah diri sendiri. Jangan terlalu menyiksa diri dengan berpikr terlalu keras. Ide kreatif sering muncul saat urat syaraf kita santai, bahkan justru saat kita tidak berpikir.

#13 Minta komentar. Komentar dari teman, pembaca atau lainnya entah itu positif atau negatif akan sangat membantu kita agar bisa improve. Tapi hindari komentar dari orang yang sirik (bukan syirik), karena pasti selalu negatif.

#14 Kritik semuanya. Rajinlah bertanya dalam hati “why” kok bisa begitu? Banyak pelajaran dari kejadian sehari-hari di sekeliling kita.

#15 Banyak membaca. Buku adalah jendela dunia, perkaya ilmu pengetahuan dengan banyak-banyak membaca.

#16 Jaringan di dunia nyata dan dunia maya. Dengan banyak bergaul, kita tak akan tahu selera dan trend. Ingat! Kreatif berbanding terbalik dengan sesuatu yang norak.

#17 Ikuti forum. Akan terasa sangat tidak kreatif kalau tulisan kita di blog atau facebook dikomentari “repost”, hanya gara-gara kita tidak rajin mengikuti forum, seperti kas-kus atau lainnya.

#18 Buat perbedaan. Memang dunia ini sempit, satu tema bisa saja di bahas ribuan bahkan jutaan orang. Pastikan idemu beda sendiri meskipun membahas satu tema yang sama.

#19 Jangan latah. Jangan cuman ikut-ikutan saat mengeluarkan ide atau tulisan. Coba kamu ketik di google, misalmya “berjalan di atas api”. Kamu pasti akan menemukan banyak artikel yang isinya persis tapi alamat blognya beda semua.

#20 Pastikan notebookmu ready setiap saat. Ide sering muncul tiba-tiba, segera ketik saat ide itu muncul. Memang ada sebagian orang yang selalu membawa kamera saku atau buku sketsa untuk mengabadikan moment-moment tertentu. Jadilah yang berbeda dengan mengabadikannya melalui tulisan, prosa, puisi, update status, dsb.

Akhirnya, terkumpul juga 20… bikin tips sampai 20 buah memang sepertinya kebanyakan. Kesimpulannya, setelah kamu membaca tips ini (nggak usah dihafalkan) jangan sampai update status FB atau isi blogmu garing. OK?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: